Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Lembaga Jaminan Bagi Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi dan perdagangan akan selalu diikuti oleh perkembangan kebutuhan akan kredit dan pemberian fasilitas kredit akan selalu memerlukan adanya jaminan, hal ini demi keamanan pemberian kredit tersebut dalam arti piutang yang dipinjamkan akan terjamin pelunasannya dengan adanya jaminan, Disinilah letak pentingnya lembaga jaminan itu.

Pentingnya Lembaga Jaminan Bagi Perkembangan Ekonomi
Dalam rangka pembangunan ekonomi nasional, Indonesia membutuhkan banyak dana. Terkait hal tersebut, pemerintah memberikan kewenangan kepada berbagai lembaga perbankan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat. Lembaga pembiayaan memberikan fasilitas pembiayaan kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Dalam hal ini, pihak yang membutuhkan dana harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga pembiayaan terkait. Salah satu syarat penting untuk memperoleh jalur kredit adalah adanya jaminan atau agunan berkualitas tinggi yang mudah untuk dibeli dan dijual. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan ekonomi berbagai sektor di berbagai negara, terutama kegiatan komersial yang dilakukan oleh para pelaku usaha, akan selalu diiringi dengan permintaan dana melalui pengembangan perkreditan, dan pemberian fasilitas kredit akan selalu membutuhkan jaminan.

Pengertian Jaminan Istilah jaminan merupakan terjemahan dari bahasa Belanda,  yaitu zekerheid  atau  cautie. Zekerheid atau cautie mencakup secara umum cara-cara kreditur menjamin   dipenuhinya tagihannya dengan kata lain jaminan merupakan sesuatu yang diberikan kepada kreditor untuk menimbulkan keyakinan bahwa debitur akan memenuhi kewajiban yang dapat dinilai dengan uang yang timbul dari suatu perikatan, disamping  pertanggungan jawab umum debitur  terhadap  barang-barangnya.  Selain istilah jaminan, dikenal juga dengan agunan. Istilah agunan dapat dibaca dalam Pasal 1 angka 23 Undang-Undang  Nomor 10 Tahun 1998 tentang  Perubahan  atas  Undang-Undang  Nomor  7 Tahun 1992 tentang Perbankan.

Jaminan yang dimaksud dalam dokumen ini hanya melindungi kepentingan kreditur, sehingga dana yang diberikan kreditur dalam bentuk pembiayaan dapat dikembalikan dalam jangka waktu yang ditentukan. Dengan kata lain, pemilik dana atau kreditor, terutama perbankan atau lembaga pendanaan, memerlukan jaminan pinjaman untuk menjamin keamanan dana dan kepastian hukum.

Oleh karena itu jelas bahwa tanpa jaminan debitur, kreditur tidak akan memberikan pinjaman apapun. Artinya keamanan memainkan peran yang sangat penting dalam operasi bisnis. Oleh karena itu, keberadaan ketentuan hukum yang mengatur tentang lembaga keuangan dan penjaminan sangat dibutuhkan. Masalahnya, Tetapi permasalahannya masih banyak lembaga pembiayaan yang tidak mendaftarkan obyek jaminan fidusia di kantor pendaftaran fidusia. Dan masih banyak eksekusi paksa yang dilakukan oleh kreditur.Kepastian yang dimaksud dalam dokumen ini hanya melindungi kepentingan kreditur, sehingga dana yang diberikan kreditur dalam bentuk pembiayaan dapat dikembalikan dalam jangka waktu yang ditentukan. Dengan kata lain, pemilik dana atau kreditor, terutama perbankan atau lembaga pendanaan, memerlukan jaminan pinjaman untuk menjamin keamanan dana dan kepastian hukum. Oleh karena itu jelas bahwa tanpa jaminan debitur, kreditor tidak akan memberikan pinjaman apapun. Artinya keamanan memainkan peran yang sangat penting dalam operasi bisnis. Oleh karena itu, keberadaan ketentuan hukum yang mengatur tentang lembaga keuangan dan penjaminan sangat dibutuhkan. Masalahnya, bagaimanapun, adalah banyak lembaga keuangan tidak mendaftarkan kepemilikan sekuritas dengan kantor catatan wali amanat. Dan masih banyak penegakan oleh kreditor.Kepastian yang dimaksud dalam dokumen ini hanya melindungi kepentingan kreditur, sehingga dana yang diberikan kreditur dalam bentuk pembiayaan dapat dikembalikan dalam jangka waktu yang ditentukan. Dengan kata lain, pemilik dana atau kreditor, terutama perbankan atau lembaga pendanaan, memerlukan jaminan pinjaman untuk menjamin keamanan dana dan kepastian hukum. Oleh karena itu jelas bahwa tanpa jaminan debitur, kreditor tidak akan memberikan pinjaman apapun. Artinya keamanan memainkan peran yang sangat penting dalam operasi bisnis. Oleh karena itu, keberadaan ketentuan hukum yang mengatur tentang lembaga keuangan dan penjaminan sangat dibutuhkan. Masalahnya, bagaimanapun, adalah banyak lembaga keuangan tidak mendaftarkan kepemilikan sekuritas dengan kantor catatan wali amanat. Dan masih banyak penegakan oleh kreditor.

Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging

Posting Komentar untuk "Pentingnya Lembaga Jaminan Bagi Perkembangan Ekonomi"